iklan hut ri ke 75 kelurahan wapunto

Sejumlah Sekolah Di Muna Akan Dimarger

Sejumlah Sekolah Di Muna Akan Dimarger
Drs. Sarmada.,M.Si ( Manager BOS Diknas Kabupaten Muna )
LAFALMUNA, RAHA --- Nasib apes akan menimpah sejumlah sekolah di Muna, sebagai konsekwensi kekurangan murid,yang ditenggarai tak bisa beroperasi secara maksimal, sehingga Diknas Muna mengambil langkah yang strategis dana tepat, yaitu menggabungkan sekolah sekolah tersebut dalam satu kelompok,dengan mempertimbangkan sejumlah fariabel, antara lain kedekatan wilayah antara sekolah yang satu dengan sekolah yang akan dimarger tersebut.
 
“ Kami tak bisa berbuat banyak, sebab  sesuai petunjuk pusat, bahwa dana BOS yang diberikan, acuannya adalah jumlah siswa atau real siswa. Jadi dana BOS yang dikucurkan untuk sekolah itu, adalah melihat seberapa banyak siswa di sekolah tersebut, maka jumlah siswa itu adalah sebesar dana yang dikucurkan dengan mengalihkan satu juta persiswa. Misalnya, ada sekolah yang siswanya 120 orang, maka dana BOS yang dkiterimah adalah 120 juta, “ Ujar Drs. Sarmada. M.SI, Manager BOS Diknas Muna yang ditemui di ruang kerjanya.
 
Menurut Sarmada, dengan model pembiyaan real siswa, maka kemungkinan sejumlah sekolah akan dimarger, sulit untuk dielakan. Ini akan dilaksanakan. “ Saya berikan catatan, di kecamatan Tongkuno, ada sekolah yang siswanya 14 orang, ini masuk dalam skala prioritas untuk dimarger. Sebab, tak mungkin sekolah ini akan paripurnah dengan bermodal  Rp 14 juta. Apalagi jika sekolah itu menggaji honorer, lalu ditambah membiayai perjalanan Kepsek. Sehingga dana BOS sebesar14 juta itu tak maksimal untuk dikelolah, sehingga pilihan  marger adalah langkah yang paling tepat untuk dilaksanakan, “ tegas Sarmada yang dikenal akrab dengan jurnalis.                   

Penulis : CR. 1

Editor : Syahrial Ashaf

Tag : pendidikan