iklan hut ri ke 75 kelurahan wapunto

Kapan kita Punya Kampus Negeri?

Kapan kita Punya Kampus Negeri?
Generasi Pokadulu kabupaten Muna

Pilkada serentak Tahun 2020, menjadi momentum masyarakat Muna untuk menentukan wajah daerah dalam 5 tahun ke depan. Muna usianya boleh dibilang sudah tidak belia lagi.  Mesti dikelola dengan tangan – tangan professional yang tendesius mengedeoankan kompetisi dalam menentukan garis kebijakannya. Memperhitungkan dan mendahulukan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi dan kelompok, serta tidak terpeleset kedalam praktek – praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme ( KKN ).
Generasi Pokadulu Kabupaten Muna, merespon Pilkda Muna 2020 penuh optimisme. Bahwa pembangunan kesejahteraan masyarakat Muna di hari hari ke depan dapat signifikan dan berkesinambungan. Dalam upaya itu, maka rangkaian kalimat visi misi tidak lagi cukup untuk menghapus dehidrasi rakyat akan kemajuan dan jaminan hari depannya. 


Kepemimpinan kedepan harus membangun komitmen dihadapan public, menetapkan cita cita yang akan dituju bersama, serta mampu menggairahkan sector sector pemerintahan dengan program program realistis dan terukur.


Sector pendidikan misalnya, rakyat butuh kepemimpinan dengan terobosan – terobosan dan langkah nyata untuk menghadirkan Perguruan Tinggi Negeri di tanah para sugi ini. Sehingga, pelajar – pelajar Muna dapat menetapkan dan melanjutkan Pendidikan tinggi tanpa harus keluar Daerah yang menjadi dalah satu factor penyebab kebocoran PAD kita. Dapat kita asumsikan, satu (1) orang Mahasiswa (i) muna yang melanjutkan pendidikan tinggi diluar daerah menerima kiriman Rp. 500.000;/bulan dari orangtuanya. Bila dikalkulasikan sebanyak 1000 Mahasiswa (I) jumlahnya Rp. 500.000.000;/bulan. Nilai yang cukup besar yang bila berputar di Muna. Sehingga bisa jadi, jumlah tersebut dapat memperlancar dan meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.


“ Kedepan kita butuh Pemimpin yang peka dan serius merespon Isyu ini “.


Dengan semangat Optimisme itu, maka Generasi Pokadulu Kabupaten Muna mengharap kepada calon calon Kepala Daerah Muna yang akan berkontestasi pada Pilkada 2020, dapat mengedepankan program – program terukur, berani untuk menentukan target. Sehingga dapat menjadi instrument bagi rakyat untuk menilai berhasil dan atau gagalnya suatu Pemerintahan. 


Sebagai Penutup, Generasi Pokadulu kabupaten Muna mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Muna, untuk merespon Pilkad 2020 dengan mengedepankan narasi – narasi ilmiah, tidak mudah tergoda dengan bujuk rayu team – team pemenangan. Sudah saatnya kita budayakan karakter pemilih cerdas, tidak mudah terpovokasi oleh kampanye Hitam ( Black Campaign ), tidak mudah dihasut dan dikotak – kotakkan oelh Informasi Hoaks, menolak Politisasi SARA serta berani untuk menolak melawan praktek – praktek Politik Uang  

 

Penulis : Generasi pokadulu

Editor : Syahrial Ashaf

Tag : pendidikan